Fakta Dibalik Kekalahan Jerman Oleh Jepang Di Laga Perdana Piala Dunia 2022

Timnas Jerman secara tak terduga kalah dari Jepang pada laga pembuka Grup E mereka di Piala Dunia 2022. Pertandingan Piala Dunia 2022 antara Jerman dan Jepang berlangsung pada Rabu (23/11/2022) malam di Khalifa International Stadium dengan mengalahkan Der Panzer 1-2. Pada menit ke-33, anak asuh Hansi Flick justru membuka skor lewat penalti Ilkay Guendogan. Selanjutnya, tim Jepang mencetak dua gol di babak kedua melalui aksi Ritsu Doan (75′) dan Takuma Asano (83′).

Dengan kemenangan tersebut, Samurai Biru (julukan timnas Jepang) naik ke peringkat dua klasemen Grup E Piala Dunia 2022 dengan raihan tiga poin. Poin Jepang sebenarnya setara dengan Spanyol yang berada di peringkat pertama klasemen. Namun, Spanyol dengan tegas berada di urutan teratas daftar dengan agresivitas supernya. Jerman dan Kosta Rika, sementara itu, duduk di peringkat ketiga dan keempat klasemen Grup E tanpa mencetak satu poin pun. Setelah Jerman dikalahkan Jepang, ada beberapa fakta menarik.

Berikut beberapa fakta menarik seputar pertandingan Jerman vs Jepang:

1. Jerman kalah dalam pertandingan Piala Dunia setelah memimpin di babak pertama untuk pertama kalinya sejak 1978 (2-3 di Austria). Jerman tidak terkalahkan dalam 21 pertandingan sebelum kalah dari Jepang.

2. Untuk pertama kalinya dalam sejarah timnas Jerman, tim lapis baja Jerman kalah beruntun di dua laga pembuka Piala Dunia. Sebelumnya, Jerman kalah 1-0 (melawan Meksiko) di laga pembuka Piala Dunia 2018.

3. Ini adalah kemenangan pertama Jepang atas Jerman. Sebelumnya, Jepang kalah dari Jerman 0-3 dalam pertandingan persahabatan dan bermain imbang 2-2.

4. Jepang memenangkan pertandingan Piala Dunia untuk pertama kalinya setelah kalah lebih dulu. Dalam keadaan serupa sebelumnya, Jepang mengalami 11 kekalahan dan 2 seri.

5. Kiper Shuichi Gonda melakukan 8 penyelamatan dalam game ini. Kiper Jepang itu memiliki jumlah terbanyak (10) sejak Yoshikatsu Kawaguchi melawan Brasil pada 2006.

6. Tim Jepang, melalui Doan Ritsu dan Asano Takuma, menjadi tim pertama yang memiliki dua gol pengganti dalam pertandingan Piala Dunia melawan Jerman.

7. Lima pemain Jepang yang memulai permainan juga bermain di Jerman, yaitu Yuki Itakura (Mönchengladbach), Shinya Yoshida (Schalke 04), Wataru Endo (Stuttgart), Qing Tanaka (Du Selldorf), Kamada Daichi (Frankfurt).

Selain itu, dua pemain cadangan yang mencetak gol juga bertanding di Jerman. Ritsu Doan membela klub Freiburg, sedangkan Takuma Asano memperkuat VfL Bochum.

Alasan Timnas Jerman Kalah 1-2 dari Jepang

Lini serang tumpul
Kai Havertz dinilai berada di garda depan Jerman melawan Jepang. Havertz bertugas menjadi striker bayangan, karena Bundesliga tidak memiliki striker handal. Sebenarnya Jerman punya Timo Werner, tapi pemain RB Leipzig itu tidak ikut Piala Dunia 2022 karena cedera. Tanpa penyerang murni, sulit bagi Jerman untuk mencetak gol.

Pertahanan Jepang yang kokoh
Di babak pertama, tim Jepang bermain sangat pasif yaitu bertahan. Mereka menggunakan serangan balik saat menyerang. Padatnya pertahanan membuat Jerman kesulitan mencetak gol pada akhirnya. Bahkan Jerman kesulitan memasuki area terlarang Jepang.

Pergantian pemain Jepang yang efektif
Keputusan pergantian pelatih tim nasional Jepang Shu Anshi sangat efektif. Terbukti, dua pemain yang baru bermain di babak kedua, yakni Doan Ritsu dan Asano Takuma, menjadi pencetak gol tim Jepang di laga ini.

Hansi Flick gagal memanfaatkan penguasaan bola dan pergantian pemain
Pelatih Jerman Hansi Flick gagal memanfaatkan penguasaan bola timnya. Jerman sebenarnya menguasai lebih dari 70% penguasaan bola, tapi masih belum bisa masuk. Keputusan Hans Flick untuk melakukan pergantian pemain juga tidak berhasil. Masuknya Leon Goretzka, Nicklas Fullkrug, Mario Gotze, Jonas Hofmann dan Youssoufa Moukoko tidak memberikan dampak positif bagi permainan di Jepang.

Jepang berani menyerang di babak kedua
Di babak pertama, Jepang bermain full defense. Namun, di babak kedua, Hajime Moriyasu meminta pemainnya bermain menyerang. Keputusan itu ternyata baik. Dengan umpan-umpan pendek dan umpan-umpan terobosan, Jepang bermain lebih efisien di babak kedua dengan menciptakan dua gol.

 

Para pemain timnas Jepang mempersembahkan origami sebagai ucapan terima kasih

Timnas Jepang memulai debutnya di Piala Dunia 2022 dan sukses mencuri perhatian.Selain mengalahkan timnas Jerman di laga pertama Piala Dunia 2022, performa timnas Jepang di Piala Dunia 2022 juga mengalami peningkatan. menarik banyak perhatian. Tempat setelah pertandingan itu. Salah satunya, mereka kedapatan menggunakan origami sebagai ucapan terima kasih.

Ya, di Piala Dunia 2022 nanti, timnas Jepang akan menjadi sorotan, karena mereka berhasil mengalahkan timnas Jerman di laga pembuka Grup E. Kemenangan itu sontak membuat mereka penuh pujian. Sebab, seperti yang kita ketahui bersama, Jerman sendiri merupakan salah satu favorit juara Piala Dunia 2022.

Menyadari kekuatan Jerman yang diisi oleh banyak pemain top dunia, timnas Jepang pun sangat senang bisa meraih kemenangan di laga tadi malam. Tidak diragukan lagi, mereka menampilkan berbagai cara untuk mengungkapkan kegembiraan. Salah satu yang menarik perhatian adalah aksi skuat timnas Jepang yang menggunakan origami untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya. Origami dilempar ke ruang ganti oleh mereka.

Team Blue Samurai—julukan timnas Jepang—membuat origami dalam berbagai ukuran. Dilengkapi dengan 1 origami hitam besar. Lalu di sampingnya, ada 10 lembar origami kecil yang terbuat dari kertas berwarna krem ​​dan hijau. Di depan Origami, timnas Jepang juga berpesan. Mereka ditulis dalam bahasa Arab dan artinya “Shukran” atau terima kasih.

Potret burung kertas dan ucapan terima kasih dari timnas Jepang pun viral di media sosial. Selain itu, ada foto Timnas Jepang keluar dari ruang ganti yang sangat bersih dan rapi. Tiba-tiba, promosi dari mulut ke mulut meledak karena sikap hangat dan menyenangkan pemain Jepang itu.