Korea Selatan Membuat Keajaiban Dengan Lolos Ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Sun Xingmin sangat senang Korea Selatan bisa menciptakan keajaiban untuk melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Sun Xingmin juga berharap keajaiban Korea Selatan di Piala Dunia 2022 bisa berlanjut pada pertandingan melawan Brasil.

Final Grup H Piala Dunia 2022 berlangsung pada Jumat (2/12/2022) malam di Stadion Rennes Education City di Qatar, saat Taechi Warriors -julukan Korea Selatan- secara tak terduga mengalahkan Portugal. Mereka membalas gol pembuka Ricardo Horta (5′) dengan gol-gol dari Kim Young Gwon (27′) dan Hwang Hee Chan (90+1) saat mereka mengalahkan Bruno Fernandes dkk secara dramatis.

Kemenangan tersebut juga mengamankan tempat Paulo Bento di babak 16 besar sebagai runner-up Grup H. Namun, mereka langsung menghadapi ujian besar di babak berikutnya melawan Brasil, Selasa (12 Juni 2022). 02.00 waktu Indonesia Barat.

Sekuat apapun Son Heung-min punya ambisi dan Korea Selatan harus bisa melewati babak 16 besar. Karena itu, ia berharap timnya bisa menciptakan keajaiban lagi dan mengalahkan Brasil.

“Bagus, tapi perjalanan kami belum berakhir. Kami telah berbicara tentang mencapai babak 16 besar sebagai tujuan kami, tetapi sekarang kami harus berusaha melampaui itu,” kata Son seperti dikutip Kantor Berita Yonhap, Sabtu ( 12 Maret). . /2022).

“Semua orang sangat bersemangat saat ini, tapi besok kami harus mulai mempersiapkan pertandingan berikutnya dengan pola pikir baru. Semoga kami bisa melakukan keajaiban lagi,” imbuhnya.

Kim Min-jae dan lainnya maju ke babak 16 besar turnamen empat tahunan dengan cara yang sangat dramatis. Mereka hanya unggul persentase gol dari Uruguay, yang sama-sama mengoleksi empat poin, sehingga mengamankan posisi kedua klasemen Grup H.

Pasalnya Uruguay, julukan La Celeste, hanya mampu mengalahkan Ghana 2-0 di laga terakhirnya. Bahkan, jika bisa mencetak gol lagi, mereka akan melaju ke babak selanjutnya dengan selisih gol atas Korea Selatan.

Sekarang, apakah Prajurit Tai Chi dapat mengalahkan tim Samba di babak 16 besar adalah kejutan lain, dan patut untuk ditunggu dan dilihat. Melihat kejutan tim underdog yang menyapu raksasa di Piala Dunia 2022, tampaknya kemenangan mereka atas tim besutan Tite tak lepas dari pertanyaan.

Setelah tim Korea Selatan mengalahkan Portugal di Piala Dunia 2022, Zhao Guocheng tidak bisa menahan air mata. Pada laga terakhir penyisihan grup Piala Dunia 2022, timnas Korea Selatan yang dijuluki Taegeuk Warriors menang dengan skor 2-1.

Korea Selatan harus memenangkan laga ini di Education City Stadium pada Jumat, 2 Desember 2022. Tentu bukan tugas yang mudah, apalagi timnas Portugal berjuluk Selecao das Quinas ini menjadi tim terkuat di Grup H.

Pada pertandingan itu, Korea Selatan justru tertinggal melalui gol cepat dari Ricardo Horta pada menit kelima. Namun, tim asuhan Paulo Bento menyamakan kedudukan pada menit ke-27 berkat gol Kim Young-kwon.

Korea Selatan yang nyaris imbang terancam tersingkir karena kalah dari Uruguay hingga menit ke-90. Namun, Prajurit Tai Chi melakukan keajaiban di waktu tambahan.

Pada menit ke-91, serangan balik cepat Sun Xingmin dan umpan silang yang indah, tembakan indah Hwang Hee-chan menjadi superstar. Alhasil, tim Korea Selatan pun menang dan melaju ke babak selanjutnya bersama Samba Army.

Berkat hasil tersebut, tim Korea Selatan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai runner-up Grup H. Timnas Ginseng memiliki poin dan selisih gol yang sama dengan Uruguay, namun lebih unggul dalam mencetak gol lebih banyak yakni empat gol, sedangkan Uruguay hanya mencetak dua gol.

Cao Guocheng pun mengakui bahwa kemenangan atas Portugal tidak terduga. Baginya, itu seperti keajaiban.

“Ini keajaiban,” kata striker Cho Kook-sung, yang menjadi bintang baru di Korea Selatan setelah mencetak dua gol melawan Ghana Senin lalu.

Selain itu, Zhao Yuecheng mengaku sangat emosional saat merayakan gol tersebut hingga tak percaya. Bahkan, ia sempat menangis di depan rekan setimnya.

“Biasanya saya tidak emosional, tapi hari ini saya banyak menangis,” kata Zhao Yuecheng.

“Ketika Hee-chan mencetak gol itu, saya tidak percaya,” pungkas penyerang Tai Chi Warriors itu.

Korea Selatan akan menghadapi tim kuat lainnya di babak 16 besar, yaitu Brasil. Laga yang akan dimainkan di 974 Stadium ini akan dimainkan pada Selasa 6 Desember 2022 pukul 02:00 WIB.

Korea Selatan selalu mengalahkan Portugal di Piala Dunia

Timnas Korea Selatan memiliki rekor buruk selama keikutsertaannya di Piala Dunia. Konon, Korea Selatan secara konsisten mengalahkan Portugal di Piala Dunia.

Yang terbaru adalah kemenangan 2-1 atas Portugal di Piala Dunia 2022 tadi malam, hasil yang membuat mereka melaju ke babak 16 besar Grup H dengan keunggulan selisih gol atas Uruguay.

Namun siapa sangka kemenangan mereka atas Portugal di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 bukanlah kali pertama mereka menjadi juara. Ya, hasil positif dari Taegeuk Warriors –julukan Korea– juga terjadi pada edisi 2002 lalu.

Sebagai tuan rumah Piala Dunia saat itu bersama Jepang, Korea Selatan berhasil menang 1-0. Pertemuan itu terjadi di grup D yang menjadi mimpi buruk Portugal.

Satu-satunya gol Korea Selatan dicetak oleh Park Ji-sung. Prajurit Tai Chi juga mencapai semifinal saat itu.

Juga, Korea Selatan tidak pernah bertemu Portugal di Piala Dunia lagi. Jadi dilihat dari dua konfrontasi dengan Portugal, tingkat kemenangan tim Korea sudah mencapai 100%.

Di saat yang sama, keikutsertaan Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia 2022 juga mencatatkan rekor baru bagi wakil Asia untuk ikut serta. Tiga tim Asia telah mencapai babak sistem gugur Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Tiga tim tersebut adalah Korea Selatan, Australia, dan Jepang. Sayangnya, Korea Selatan akan berhadapan dengan Brasil di babak 16 besar nanti.

Australia akan menghadapi Argentina. Jepang memiliki peluang yang sedikit lebih baik untuk melanjutkan karena mereka akan menghadapi Kroasia.